cara ampuh mengatasi mabuk kendaraan


Suasana liburan bagi perantau sangat mengasyikkan dan menyenangkan, karena liburan seperti ini digunakan untuk pulang kampung, pulang kampung adalah hal yang menyenangkan, apalagi dilakukan dengan kawan tercinta atau dengan keluarga tercinta, sungguh sangat indah menikmati perjalanan seperti ini. Namun demikian ada sebahagian orang yang tidak bisa menikmati keindahan perjalan ini karena mabuk kendaraan.

Mabuk kendaraan bisa terjadi baik dari kendaraan umum seperti bis, atau kendaraan pribadi, atau mabuk juga bisa terjadi melalui perjalanan menggunakan kapal laut atau udara. Jadi, perjalan yang menyenangkan ini tidak bisa dinikmati dengan baik karena alasan mabuk. Mabuk kendaraan ditandai dengan adanya tanda seperti pening, mual, muntah. Ini terjadi karena sistem keseimbangan tubuh tidak stabil. Misalnya mata, telinga, dan syaraf otak tidak bekerja dengan singkron sehingga terjadilah mual hingga pada muntah.

Untuk mengobati dan mengatasi mabuk kendaraan ada hal-hal yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Membiasakan makan sebelum berkendaraan

Berkendaraan dalam keadaan perut kosong bisamemicu terjadi mual, jadi makan dulu sebelum memalukan perjalan pulang kekampung halaman atau perjalanan lainnya. Namun demikian, anda tidak disarankan untuk makan terlalu banyak, karena justru akan memudah anda untuk muntah. Makanlah dalam porsi sedang

2. Jangan fokus pada satu titik

Ini maksudnya kalau anda seorang yang rentan untuk muntah atau mabuk kendaraan, anda sebaiknya jangan fokus pada satu titik ketika dalam kendaraan, seperti membaca, menonton video, bermain hp dll. aktivitas ini adalah tertuju pada satu titik, sehingga memudahkan anda untuk pusing dan muntah. Jadi, lihatlah pemandangan diluar kendaraan, atau menikmati pemandangan sambil mendengar musik kesukaan anda.

3. Duduk di kursi depan

Salah satu tips untuk mengatasi mabuk kendaraan juga adalah dengan duduk di kursi depan, atau minimal kursi yang se-arah dengan lajunya kendaraan. Jangan duduk pada kursi menyamping, ini akan membuat anda cepat pusing dan mabuk.

4. Buka jendela mobil

Membuka jendela mobil bermanfaat untuk masukknya udara segar. Anda perlu menghirup udara segar kalau sudah ada tanda-tanda muntah atau mabuk kendaraan. Perlu diketahui bahwa kurangnya oksigen dalam mobile bisa menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh dan bisa menjadi penyebab masbuk kendaraan.

5. Jangan lupa istirahat

Kalau anda melakukan perjalanan jauh, anda butuh istirahat dalam perjalanan, maksudnya adalah anda perlu turun dari mobil dan istirahat, misalnya pergi kemesjid atau tempat makan sambil bercanda dengan keluarga. Ini bisa membantu menguatkan tubuh anda selama perjalanan. Lakukan istirahat seperti ini setiap 5 jam sekali dalam perjalanan.


6. Obat anti mabuk kendaraan

Langkah terakhir yang perlu dilakukan kalau keadaan sudah genting dan akan segara mabuk adalah minum obat anti mabuk, bisa antimo (anti mabok) atau lainnya, bisa juga menghisap permen. Untuk mengkonsumsi obat anti mabuk sebaiknya konsultasi kedokter anda.

Demikianlah cara mengobati dan mengatasi mabuk kendaraan bagi anda yang suka melakukan perjalanan jauh. Hindari mabuk kendaran dalam perjalan agar anda bisa menikmati pemandangan atau keadaan diperjalan anda.semoga berguna bagi anda yang sering mabuk dalam perjalanan jauh..