Choco Lava yang super Sensasi...


Cake yang satu ini merupakan salah satu cake pilihan semua kalangan, beberapa koki dan penikmat cake menyebut cake ini dengan istilah Molten Chocolate Lava Cake, Choko Lava Cake, Cake Lava Choko, Molten Lava Choko Cake, Molten Cake Coklat Lava dan sebagainya. Kelejatan dari sajian gambar sudah dapat kita rasakan sensasinya. Cake rasa coklat dimana bagian luarnya yang lembut namun dibagian tengah cake jika dibelah akan meleleh coklat hangat seakan larva gunung yang mengalir kebawah lerengnya

Penemuan cake ini sebenarnya berawal dari proses kegagalan seorang koki didalam membuat cake, dimana sang koki terlalu cepat mengeluarkan cake dari oven sehingga membuat cake bagian dalam masih belum matang hal ini membuat cake bagian dalam seakan akan masih belum matang. Kejadian ini justru membuat cake ini banyak diburu dan dipesan penikmat cake.

Cara membuat cake ini memiliki tantangan tersendiri dimana dibutuhkan momen yang tepat untuk menghasilkan cake dengan kondisi tersebut ditasa, karena jika kondisi pemanggangan kurang lama menyebabkan adonan bagian luar akan kurang mengeras sehingga akan membuat cake buyar, sehingga coklat didalamnya akan mencair kemana-mana, sebaliknya jika dipanggang terlalu lama akan menyebabkan cake mengeras semua sehingga tidak tercipta coklat yang lumer seperti Larva. jadi intinya didalam membuat cake ini harus benar-benar memperhatikan waktu pemanggangannya.

Berikut Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Choko Lava Cake adalah
1. Dark Cooking Coklat (dipotong Potong) sebanyak 150 gram
2. Mantega tawar 75 gram
3. Telor ayam 4 butir
4. Garam secukupnya
5. Gula Pasir 125 gram
6. Tepung Terigu ( protein rendah) 75 gram
7. Baking powder 1/2 sendok teh

Langkah-langkah pembuatannya:
1. Siapkan dan panaskan oven 
2. Lelehkan potongan choklat dan mentega tawar dalam wadah, gunakan rendaman didalam air panas untuk memudahkan proses pelelehan choklat dan mentega.
3. Kocok telur ayam, garam dan gula pasir hingga kalis, kemudian masukan tepung dan baking soda (sambil diayak) lalu aduk hingga rata. Tambahkan campuran darkchoklat dan aduk hingga rata.
4. Tuangkan adonan yang sudah bercampur kedalam cetakan yang telah diolesin margarin
5. Masukan cake mantah tadi kedalam Oven (kurangi suhu kepanasan api), panggang hingga +- 13 menit. 
6. Keluarkan cake yang sudah matang, angkat dan cake siap untuk disajikan.

Sebagai tambahan didalam menyajikan cake ini dapat juga dikominasikan dengan penambahan Ice kream atau pemberian toping buah seperti potongan buah Kiwi, Stobery dan lain-lain... 

Selamat mencoba dan menikmati...
.../dla